Jumat, 28 September 2012

Kegiatan MDC/SNIP Jawa Timur


KEGIATAN


Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia  School System & Quality (SSQ) Komponen 3
Sub National Implementation Program (SNIP)
Madrasah Development Center (MDC) kanwil Kemenag provinsi Jawa Timur


 Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia Komponen 3 School System & Quality mendukung Kementrian Agama Republik Indonesia untuk membantu madrasah dalam mempersiapkan diri memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). Komponen 3 akan menyediakan dukungan langsung dan tidak langsung kepada sub-national implementation partners (SNIP) untuk memberi dukungan kepada Kementrian Agama dalam mengakreditasi mayoritas madrasah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan pada tahun 2014-2015. SNIP
Sebagai mitra sub-nasional, sub-national partners (SNIP) akan mendukung peningkatakan tenaga pendidik dan kependikan di madrasah target dan non-target dalam wilayah kerja Kementrian Agama. SNIP akan menyediakan pelatihan-pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaliuasi berkala, serta dukungan lainnya dalam rangka mempersiapkan madrasah untuk siap diakreditasi.
Outcome dari kegiatan Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia adalah untuk meningkatkan kapasitas madrasah target untuk memenuhi standar akreditasi. Kegiatan ini akan melibatkan 85 madrasah target di Jawa Timur yang terdiri dari; 15 madrasah di kota Surabaya, 37 madrasah di Kab. Gresik dan 34 madrasah di Kab. Bojonegoro. Madrasah-madrasah target tersebut akan dikelompokkan dalam cluster-cluster untuk  memperkuat jaringan dan kerjasama madrasah melalui KKM dan MGMP.
Dalam meningkatkan kapasitas madrasah, MDC Jawa Timur akan mendukung program akreditasi madrasah dan pelaksanaan program di Jawa Timur. Sebagai SNIP, MDC Jawa Timur akan mendukug madrasah target dengan menyediakan pelatihan-pelatihan, pendampingan implementasi program pelatihan, dan bimbingan penyusunan proposal blockgrant serta implementasi di madrasah. Sehingga melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesiapan dan kesanggupan madrasah untuk memenuhi standar akreditasi yang sudah ditetapkan.
Bentuk Kegiatan Pendampingan
  1. Need assesment untuk baseline data (mock akreditasi /EDM)
  2. Manajemen Berbasis Madrasah(MBM)
  3. Effective school improvement (ESI)
  4. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  5. PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Enjoy dan menyenangkan)
  6. Perpustakaan
  7. Manajemen keuangan madrasah
  8. Hidup sehat (healthy living)
  9. Mentoring pencapaian  standart nasional pendidikan
  10. Koordinasi, integrasi  dan sinergi  steakholder madrasah
  11. Monitoring dan Evaluasi program implementasi di madrasah
  12. Aflatoun workshop (Inovasi)
  13. Evaluasi/Endline dengan Mock Akreditasi
  14. Diseminasi program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar